Diberdayakan oleh Blogger.


RSS

SMAN 3 PADANG

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sorakan SMANTRI ..!!! OKE ! THE BEST ! ONDEH MANDEH YES!! 
Benar - benar menjadi penyemangat   hingga kini membawa SMAN 3 Padang menuju Sekolah Menengah  Atas Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). Sekolah yang dipimpin oleh Dra. Monalisa ini telah banyak berkembangan dan kemajuan, dimulai dari standart Operasional, Program Pembelajaran, Struktur kepemimpinan, Organisasi Siswa, hingga sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar.

Bicara fasilitas, sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar,  di SMA Negeri 3 Padang ada 27 lokal, terdiri dari 9 lokal untuk kelas X, 9 lokal untuk kelas XI, 9 lokal untuk kelas XII.  Dua lokal setiap kelas X, XI  dan XII difasilitasi dengan ruang ber-AC dan infokus, karena enam lokal tersebut adalah kelas RSBI, dulunya untuk masuk kelokal tersebut siswa harus mengikuti beberapa test saat duduk di kelas X, namun kini semua kelas X adalah kelas RSBI dan 6 lokal dari kelas X lainnya dalam proses untuk penyediaan ruangan yang difasilitasi AC dan Infokus. Kemungkinan tahun ajaran baru nanti semua fasilitas telah dipenuhi.Selain ruangan kelas, SMAN 3 memiliki teacher's room ruangan tempat para guru rapat kecil, roadshow, dan beristirahat saat pertukaran jam, SMAN 3 juga memiliki ruangan yang kami sebut dengan ruangan TI yang terletak bertentangan dengan ruang guru, kemudian ada ruangan kepala sekolah yang dilengkapi monitor  CCTV yang bisa memantau sekolah  dan siswa dari setiap sudut sekolah jadi peluang siswa untuk cabut akan tipis tambahan lagi dilengkapi dengan  dua orang security. Disamping ruang kepala sekolah ada ruangan wakil kepala sekolah, SMAN 3 mempunyai 4 orang wakil kepala sekolah,  yaitu waka kesiswaan, waka kurikulum, waka sarana prasarana, waka humas,  dan masing  - masing waka mempunyai kelompok  kerja masing-masing yang mengurusi perkerjaan sesuai bidangnya. Disamping itu kemudian ada ruangan sarana dan  prasarana tempat sound  system, type , mic, spidol dan lainnya yang menyangkut sarana dan prasarana sekolah dan ini dibawah pengawasan waka saranan prasarana. Selain itu SMAN 3 Padang mempunyai ruang BK, diruangan ini bukan tempat murid-murid yang bersalah saja yang mengunjungi tetapi juga siswa yang  ingin konsultasi. SMAN 3 juga punya gudangnya buku yaitu ruang perpustakaan, dan juga punya ruang OSIS yang menjadi center kegiatan siswa. Bicara tentang siswa,  setiap siswa memiliki ekskul dan beberapa ekskul punya  ruangan tersendiri. Sekolahan tidak lengkap tanpa Labor bukan ? SMAN 3 memiliki Labor Kimia dilantai 1 gedung A, Labor muatan lokal di gedung C, Labor Biologi di lantai 2 gedung A, Labor komputer, multimedia dan labor fisika di lantai 3 Gedung A.


Ngomong-ngomong tentang masalah fisika, SMAN 3 telah melahirkan ilmuan remaja yang telah menciptakan karya GOSTA  SMAN 3 yaitu gosok gigi yang langsung dilengkapi dengan  pasta sehingga memudahkan orang-orang untuk menggosok gigi.  Karya ini mendapatkan 5 besar di Indonesia kemudian berkopetensi kembali 16 Desember yang lalu di Vietnam. Dan dalam perencanaan akan  berkompetisi kembali juni yang akan datang di Thailand.


Beralih lagi ke fasilitas sekolah, SMAN 3 mempunyai lapangan outdor dan indoor kedua lapangan ini digunakan oleh seluruh warga sekolah untuk event-event dan kegiatan rutin disetiap harinya. Lapangan outdor digunakan untuk upacara bendera, volleyball, senam, dan juga perwujudan SMAN 3 GO GREEN, ini dibuktikan dengan adanya taman-taman tempat duduk yang bisa digunakan saat istirahat, pohon-pohon yang rindang, taman kolam kecil, bunga-bunga didepan kelas, dan SMAN 3 telah melaksanakan gerakan 1000 pohon lapangan outdoor juga sebagai tempat evakuasi dan berkumpul saat gempa, khususnya gempa dahsyat menguncang padang 30 september silam. Lapangan Indoor kami sebut dengan Aula SMAN 3 yang telah lama dibangun atas kepedulian alumni-alumni SMAN 3 Padang. Siswa SMAN 3 yang telah menyelesaikan kewajiban belajar di SMAN 3 akan tetap tergabung dalam IKA SMAN 3 yaitu Ikatan Alumni SMAN 3 Padang dan setiap tahunnya ada event-event besar yang diadakan oleh  IKA SMAN 3 perangkatannya guna untuk tetap menjalin hubungan kekeluargaan dengan seluruh warga SMAN 3, sudah tamatpun masih tetap bisa eksis di SMAN 3, oke kan ?
 Silahkan lihat gambarnya

Kegiatan memperingati hari-hari besar Nasional dan  hari besar Agama Islam sering kali dilakukan di Aula  tersebut. Aula adalah tempat yang paling laris digunakan, banyak aktivitas yang dilakukan disana misalnya : futsal, latiahan dance, taekwondo dan yang paling sering banget gunain Aula yaitu basketball, bahkan dari tim basket sendiri akan  mengadakan kompetisi basketball tingkat SUMATERA BARAT ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh SMAN 3 Padang. Selain kompetisi basketball Aula juga digunakan untuk KEJURDA TAEKWONDO tingkat SUMATERA, lomba Da'i tingkat kota Padang, Festival Band, dan baru-baru ini SMAN 3 menjadi  tuan rumah dalam festival Jepang Bunkasai tingkat SUMATERA BARAT, dan untuk kedepannya SMAN 3 akan menjadi tuan rumah kembali. Kegiatan classmeeting yang terdiri dari pertandingan akademik dan olah raga juga terkadang menggunakan Aula ini, Aula SMAN 3 adalah  gedung serba guna dan kami bangga punya Aula.
Silahkan Lihat Gambarnya ..

Siswa kalau terus-terusan belajar bakalan suntuk bukan ? Biar tidak suntuk pasti cari makan, di SMAN 3 tempat jual makanannya punya Honest Canteen (Kantin Kejujuran) yang terletak di lantai 1 gedung A, dikantin ini siswa membayar dan mengembalikan sendiri uang mereka,  disinilah kejujuran para siswa teruji. Kantin Kejujuran ini pernah meraih Juara I Kantin Kejujuran tingkat kota padang tahun 2010, dan juara 3 ditahun 2011 serta meraih sebuah unit sepeda motor. Kantin kejujuran ini dikelola oleh para guru, beda dengan yang digedung B lantai 1, digedung B ada Koperasi siswa dimana dikoperasi ini siswalah yang benar-benar ikut campur dalam pengolahan koperasi, dimulai dari struktur, yang mengisi makanan, pembukuan, semua siswa yang ambil alih.

Mayoritas di SMAN 3 adalah beragama Islam, di SMAN 3 ada Mushalla yang letaknya disudut sekolah, di  mushalla ini jugalah anggota Bina Remaja Muslim (BRM) sering stay. Ika SMAN 3 mengadakan reunian akbar seluruh angkatan di Hotel Pangeran dalam rangka Halal Bihalal tahun lalu, dan sekolah dengan uang hasil sumbangan sehingga akan didirikan Mesjid di perkarangan depan sekolah dengan uang hasil sumbangan para Alumni tersebut. Kembali berbicara tentang alumni, Irwan Prayitno yang merupakan gubernur Sumatera Barat saat ini juga merupakan alumni dari SMAN 3 Padang, dan acara reunian akbar IKA SMAN 3 lalu, beliau menyempatkan diri menghadiri pertemuan itu, meski sudah jadi pejabat, beliau tak lupa dengan asalnya.

SMAN 3 memiliki 6 hari belajar dan 1 hari diantaranya yaitu hari Jum'at adalah hari pengembangan diri, dimana pagi harinya dilakukan senam bersama yang diikuti oleh guru-guru dan siswa, kemudian dilanjutkan dengan wirid kemudian bergabung pada ekskul  masing-masing. SMAN 3 mempunyai ekskul akademik dan non akademik, tiap-tiap ekskul bersaing untuk berprestasi didalam maupun diluar sekolah.Semua ekskul di SMAN 3 selalu menciptakan prestasi bahkan ada diantara ekskul tersebut dibawah naungan OSIS mengadakan event-event besar yang turut mengundang sekolah lain.

SMANTRI ..!!! OKE ! THE BEST ! ONDEH MANDEH YES!! tersebut, layak disandang dengan hasil yang dituai hingga hari  ini. Kita bangga punya SMAN 3 Padang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Masa seh RSMABI gak punya website??? RSMABI pulak namanya tuh???

Anonim mengatakan...

kalo cuma ngasih harapan palsu kepada murid2 untuk mendapatkan fasilitas yang memadai saat belajar , mending ga usah . daripada ntar kena batu nya sendiri , mending wujudkan fasilitas yang pihak sekolah janjikan kepada siswa baru tersebut

Posting Komentar